Pengertian Intranet Lokal dan Perbedaannya Dengan Internet

Pengertian Intranet adalah jaringan pribadi (Private Network) yang mengunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal contohnya adalah Perusahaan, Kantor, Sekolah Universitas. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN ( Local Area Network ) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil.

Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet. 

Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet  (TCP/IP), digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi (tukar menukar) informasi dalam lingkup tertentu (terbatas), misalnya dalam lingkup sebuah kantor, sekolah, atau kampus.


Kelebihan penggunaan intranet

1. Dapat meningkatkan produktifitas kerja

2. Dapat meningkatkan kerja sama

3. Memudahkan komunikasi

4. Efisiensi biaya

5. Kemudahan mendapatkan informasi

Kelemahan penggunaan intranet

1. Bisa terjadi overload karena terjadi pengiriman data secara bersamaan

2. Keamanan data kurang terjaga

3. Penggunanya harus berpengalaman

Sifat intranet tertutup penggunanya bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat atau mengakses data. Tentunya keamanan data juga lebih terjaga terutama data yang bersifat rahasia.

Jangkauan jaringan intranet terbatas hanya pada satu lingkup saja, bisa untuk perusahaan, organisasi, atau instansi lain.

Karena memiliki jangkauan dalam lingkup yang terbatas maka kinerja komputer server tidak terlalu berat biasanya hanya diperlukan 1 komputer server saja.


Internet merupakan ( interconnected networking ) adalah jaringan komputer yang saling terhubung dan  membentuk sebuah jaringan komputer di seluruh dunia.

Definisi Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi dan menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP.

Kelebihan penggunaan dari internet

1. Menambah wawasan dan pengetahuan 

2. Banyak informasi yang berkaitan dengan pelajaran

3. Dengan banyak wawasan yang di dapat dari internet akan membuka jalan pikiran yang lebih baik

4. Bisa menjadikan semangat belajar dan berusaha

5. Memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi secara tak terbatas.

Internet Dalam Pendidikan

Dalam dunia pendidikan internet dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan serta sharing riset antarsiswa terutama dengan mereka yang berjauhan tempat tinggalnya.

Kekurangan penggunaan dari internet

Cybercrime / Hacking  Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan.

Cracking Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.
Pornografi

Penipuan, Perjudian, Mengurangi sifat sosial manusia merupakan dampak yang tidak baik bagi penggunanya.

0 comments