Pengertian Jaringan Komputer Topologi dan Jenisnya

Jaringan komputer adalah adanya dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain kemudian digunakan untuk berbagi data dan informasi.

Untuk membuat jaringan komputer anda memerlukan switch dan router lalu protokol yang membawa data ke titik akhir disebut sebagai host, di dalam jaringan ada alamat IP identitas dari setiap komputer. 


Peralatan lainya di sebut server yang digunakan sebagai pusat antar jaringan komputer, jaringan komputer juga dapat digunakan dengan kabel dan wireless.


Pada jaringan yang menggunakan kabel Anda membutuhkan coaxial cable, kabel tembaga dan sejenisnya. Sementara itu jaringan wireless menggunakan koneksi data server yang terhubung ke cloud internet kemudian satelit.


Jaringan internet bisa ubah menjadi private atau publik sesuai dengan keinginan anda pada jaringan private memerlukan sebuah user untuk untuk mengakses jaringan. Sementara Jaringan publik seperti internet dapat digunakan secara bebas.
Jenis-Jenis Dari Jaringan Komputer



Ada banyak jenis jaringan komputer. Berikut ini beberapa jenis jaringan komputer yang sering digunakan.


LAN ( Local Area Network )


LAN beroperasi dalam ruang terbatas seperti sebuah gedung kantor, sekolah, atau rumah, dalam jaringan TCP / IP LAN sering digunakan. Terdapat juga LAN yang menggunakan teknologi jaringan wireless dengan Wi-Fi / Wireless Local Area Network (WLAN).


MAN ( Metropolitan Area Network )


MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan pada LAN, Man memang lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN. MAN menggunakan perangkat khusus dan kabel untuk dapat dihubungkan ke jaringan LAN.
 

WAN ( Wide Area Network )

Wan memiliki jangkauan yang lebih luas daripada Man yaitu dapat mencangkup antara kota dan negara, jaringan yang dimiliki Wan sangatlah luas sehingga dapat di akses di area yang menggunakan jaringan Wan.


PAN (Pearson Area Network)


Sama seperti jaringan LAN jaringan pada PAN hanya dapat mencakup wilayah yang lebih kecil, misalnya seperti jaringan rumah atau kantor. Biasanya jenis jaringan ini digunakan untuk berbagi resources seperti Internet atau printer.


CAN (Campus Area Network)


CAN mrirp dengan jaringan MAN tetapi memiliki radius terbatas hanya pada universitas. Jaringan ini biasanya di siapkan untuk kegiatan sekolah seperti email, ujian, pemberitahuan, dan lain lain.


Internet


Internet adalah jaringan komputer terbesar yang dibuat oleh manusia. Internet dapat menghubungkan banyak perangkat seperti PC, Laptop, Workstation, Server, dan lainnya.Banyak teknologi dan infrastruktur yang digunakan untuk membangun internet agar dapat terhubung ke semua orang.


VPN ( Virtual Private Network )


VPN adalah solusi untuk dari koneksi Internet yang aman. Sebagai contoh, sebuah jaringan internet dapat menggunakan VPN agar dapat membuat jalur aman di dalam internet ketika sedang mencari informasi. 



Dalam jaringan komputer topologi adalah tata letak antar perangkat yang terhubung ke jaringan internet, topologi bisa dibilang sebagai bentuk jaringan antar komputer.
Topologi jaringan di kategorikan ke dalam beberapa tipe


Topologi Bus


Topologi Jaringan bus adalah topologi jaringan yang berbentuk mirip seperti bus kemudian menggunakan kabel sebagai sebagai media komunikasi antar komputer. Perangkat yang ingin mengirim pesan dengan perangkat lain dalam jaringan dapat di kirimkan melalui nirkabel yang terhubung ke dua perangkat tersebut.


Topologi Ring


Topologi ring atau topologi jaringan cincin yang memiliki bentuk jaringan seperti lingkaran setiap perangkat memiliki kabel yang saling terhubung. Sehingga apabila ada kerusakan di kabel atau perangkat dapat mempengaruhi seluruh jaringan yang ada.


Topologi Star


Topologi jaringan star atau disebut topologi bintang memiliki titik koneksi pusat yang disebut ( hub node ) yaitu switch atau router. Dibandingkan dengan topologi bus topologi star membutuhkan lebih banyak kabel.


Tetapi bila ada kerusakan pada satu komputer maka tidak akan mempengaruhi jaringan komputer lainnya.


Topologi Three 


Topologi Three atau topologi yang berbentuk mirip seperti pohon memiliki perangkat hub yang saling terhubung dengan banyak komputer pada setiap struktur jaringan nya.


Topologi Mesh


Topologi mesh tidak seperti topologi - topologi sebelumnya karena topologi ini memilki fitur pesan yang di kirim pada jaringan dapat langsung menuju ke sumber tujuan.


Demikian berbagai jenis - jenis jaringan komputer dan topologinya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

0 comments